Hardware PC Yang Butuh Perawatan Ekstra

Hardware PC Yang Butuh Perawatan Ekstra

Hardware PC Yang Butuh Perawatan Ekstra, Tidak Hanya Software Saja

Pada artikel kali ini kami akan membahas Hardware PC Yang Butuh Perawatan Ekstra dan harus kalian lakukan secara rutin. Simak artikel yang ada dibawah ini.

Apakah Anda tahu bahwa pemeliharaan perangkat keras secara teratur dapat meningkatkan kinerja PC, bahkan jika PC anda cukup tua.

Banyak yang malas melakukan perawatan peralatan atau PC hardrawe karena mereka pikir proses ini merepotkan. Bahkan, ternyata sangat mudah untuk dilakukan.

Kemudian, pada perangkat apapun, Anda perlu mempertimbangkan saat melakukan pemeliharaan? Nah, kali ini Anda ingin tahu Jake daftar pemeliharaan komputer yang perlu Anda lakukan secara teratur.

Anda dapat menemukan alat dan aksesori yang kalian butuhkan untuk dapat memulai dan komponen apa saja yang harus kalian periksa dan bagaimana cara untuk melakukan perawatan pada hardware.

Simak penjelasan artikel kami dibawah ini dengan seksama supaya tidak terjadi kesalahan dalam perawatannya.

Tidak Hanya Software saja, Hardware PC Juga Membutuhkan Perawatan Ekstra Juga.

1. Unit Power Supply

4c1a737591476450d4d03306f8f9c2e3

Unit Power Supply sendiri berfungsi sebagai sumber listrik untuk komputer yang sedang anda gunakan. Cara untuk pemeliharaannya, kalian hanya perlu menggunakan kuas yang dan sapukan secara lembut di sekitar kipas / blower debu bersih dan kotoran. Kami menyarankan bahwa anda melakukan secara berkala setiap 6-12 bulan sekali untuk pembersihannya.

2. Fan Atau Kipas

69c6cf015301a728937b858b9a0a5f0a

Fan Atau Kipas digunakan untuk mengontrol dan mengurangi panas yang dihasilkan oleh CPU kalian. Kipas ini biasanya terpasang langsung ke motherboard.

Bagaimana pemeliharaanya? kalian tingaal cabut dan mengangkat blower untuk dibersih, sikat debu dan kotoran dengan sikat lembut. Setelah itu, ban dengan kompresor udara untuk membersihkan kotoran yang tersisa. Kami sarankan untuk melakukan pembersihan setiap 2-3 bulan sekali.

3. Motherboard

59029e18df08a1ead96ae143c37f2cfc

Motherboard berfungsi sebagai pusat dari rangkaian komputer yang menghubungkan komponen utama. Bagaimana cara perawatannya? Kalian dapat menggunakan kompresor udara yang ditiup dari dalam ke luar. Sebaiknya kalian rutin melakukannya setiap 6-12 bulan.

4. Port atau Colokan Di CPU

3a0c0b43c615503bb0e150aac71ec345

Port atau Colokan Di CPU akan digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan seperti keyboard, mouse, speaker, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara pemeliharannya? Kalian cukup menggunakan ujung kuas yang lembut, dan membersihkan pada bagian colokan dari debu dan kotoran yang ada di lubang. Lakukan ini setiap 3-4 bulan.

5. Layar Monitor

E714b96052d31752604fd2638dfd0124

Monitor biasanya terbuat dari kaca atau bahan dengan permukaan halus. Bagaimana cara untuk perawatan? Kalian harus gunakan kain microfiber atau kain lembut lainnya untuk membersihkan permukaan bagian atas monitor ke bawah.

Jika perlu, gunakan sedikit air untuk lebih mudah membersihkan nya. Tapi kalian harus menghindari penggunaan bahan kimia yang mengandung alkohol agar layar tidak cepat risak. Lakukan secara teratur setiap minggu untuk menjaga monitor tetap awet.

6. Keyboard

4a987e239112fc841a8bc05f31caca9d

Keyboard akan berfungsi sebagai sarana pengetikan dan perangkat ini sangat sensitif terhadap kotoran maupun dengan debu. Bagaimana cara untuk pemeliharaanya? Kalian dapat menggunakan kain yang lembut untuk dapat membersihkan permukaan tombol atas dan  bagian bawah.

Anda juga dapat menggunakan kompresor udara untuk meniup kotoran yang berada di antara tombol. Kalian harus lakukan secara rutin setiap minggu suapaya keyboard kalian tetap awet.

7. Mouse

75d234fb00d3b6a6ba61e7313cad4d1e

Mouse sendiri hampir memiliki fungsi yang mirip dengan keyboard, biasanya menggunakan sensor dari laser. Gunakan kain lembut untuk membersihkan permukaan mouse dan sensor cahaya yang terletak di bagian bawah.

Lakukan lah secara rutin setiap 2-3 bulan ketika sudah mulai ada kotoran yang dapat menggangu kinerja dari mouse itu sendiri.

Itulah beberapa hal yang  perlu kalian lakukan secara teratur untuk menjaga sisa-sisa hardware kalian dalam kondisi yang baik.

Jadi kalian jangan malas untuk mulai memperhatikan perangkat komputer yang kalian gunakan dan selalu melakukan perawatan.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam pemeliharan hardware agar tidak cepat rusak. Apabila kalian ada rekomendasi cara perawatan hardware, maka kalian bisa share di kolom komentar yang ada di bawah ini yah.

Sampai jumpa di artikel kami yang selanjutnya.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.