Perbedaan Sleep Dan Hibernate Pada Windows

Perbedaan Sleep Dan Hibernate Pada Windows

Perbedaan Sleep Dan Hibernate Pada Windows Yang Jarang Diketahui Oleh Orang

Inilah Perbedaan Sleep Dan Hibernate Pada Windows yang mungkin tidak kalian ketahui selama ini. Ternyata keduanya sangat berguna untuk PC kalian. Simak artikel berikut ini.

Pada saat kalian ingin mematikan PC, pasti kamu melihat ada pilihan Sleep dan Hibernate. Namun apa kalian tahu perbedaannya?

Sesuai dengan namanya, sleep dan hibernate memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membuat PC kamu ‘tertidur’ tanpa menutup aplikasi yang sedang berjalan pada PC ataupun laptop. Fitur ini tentunya digunakan untuk menghemat daya saat kalian sedang tidak menggunakan PC sementara waktu.

Walaupun kedua opsi ini memiliki tujuan yang sama,akan tetapi ada perbedaan yang harus kamu ketahui. Mari kita simak perbedaan Sleep dan Hibernate pada PC Windows, berikut ini!

Perbedaan Sleep dan Hibernate pada PC

Fitur Sleep dan Hibernate dapat kalian aktifkan pada Windows kamu melalui opsi pada halaman Power. Pilihan ini berada berdekatan dengan Shut Down dan Restart.

Sleep dan Hibernate memang mirip, tapi ternyata jauh berbeda dari segi cara kerja. Berikut penjelasan selengkapnya yang harus kamu ketahui.

1. Sleep

Perbedaan Sleep Hibernate 6 60ebb

Pertama adalah Sleep, seperti yang akan kami sebutkan sebelumnya bahwa fitur ini memiliki fungsi sebagai penghemat daya PC kamu. Namun, caranya kerjanya sendiri dengan menyimpan semua pekerjaan kamu di RAM.

Fitur ini sama dengan mode ‘Standby’ tapi hanya dengan mematikan monitor saja, sehingga konsumsi listrik yang digunakan akan jauh lebih hemat.

Saat kamu membuka PC dalam keadaan Sleep, pekerjaan kalian akan kembali aktif hanya dalam hitungan detik dan kamu juga sudah bisa melanjutkan pekerjaan kamu.

2. Hibernate

Perbedaan Sleep Hibernate 7 F3ad3

Berbeda dengan Sleep, Hibernate ini menyimpan semua pekerjaan kalian di HDD atau SSD. Dalam mode ini, PC kalian tak akan mengambil daya apapun.

Akan tetapi, pada saat kalian menyalakan PC dalam mode Hibernate, pekerjaan kamu akan kembali dengan waktu yang lebih lama dari Sleep. Hal ini si sebabkan HDD atau SSD kamu harus membaca ulang data terlebih dahulu, berbeda dengan RAM.

Untuk durasi data yang sedamg diproses ulang ini tergantung dengan jenis HDD atau SSD yang sedang kalian gunakan pada saat ini. Tentu saja dengan menggunakan SSD, proses membaca data akan lebih cepat juga.

Fitur ini akan lebih bermanfaat apabila kalian menggunakannya pada laptop, jika dibandingkan dengan PC. Apabila kalian adalah pengguna Windows 8 dan 10, fitur Hibernate ini tidak ada pada opsi Power secara default.

Mana yang Harus Digunakan, Sleep atau Hibernate?

Seiring dengan fungsi yang hampir sama antara keduanya, kamu dapat menggunakan fitur manapun sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu adalah pengguna PC maka akan lebih cocok untuk menggunakan Sleep untuk menghemat listrik yang masuk.

Sementara, pada laptop akan lebih cocok untuk menggunakan Hibernate untuk menyimpan daya baterai agar pemakaian setelah dinyalakan kembali lebih lama.

Cara Hibernate pada Windows 8 & 10

Jika kalian masih menggunakan Windows 8 atau 10, maka Hibernate tak akan muncul pada opsi Power di PC kamu. Hal ini bukan berarti Hibernate tak ada, akan tetapi disembunyikan.

Kamu dapat memunculkan opsi ini secara manual, demgam cara yang mudah saja. Mari kalian terlebih dahulu langkah berikut untuk memunculkan Hibernate pada Windows 8 dan 10:

  • Buka Control Panel pada Windows, lalu pilih Hardware and Sound.
Perbedaan Sleep Hibernate 1 F1241
  • Di halaman selanjutnya, pilih ‘Change what the power button do’ pada kolom Power Option.
  • Klik ‘Change settings that are currently unavailable’.
  • Pilihan Hibernate lalu dapat kamu centang dan pilih ‘save changes’.
  • Opsi Hibernate kini sudah muncul di Power pada Windows kamu.

Itulah perbedaan dari Sleep dan Hibernate yang ada pada PC Windows yang selama ini kamu hiraukan. Walaupun ini merupakan hal yang sepele, tapi fungsi dari kedua fitur ini dapat membuat PC atau laptop kamu jadi lebih efektif dalam daya.

Apa pendapat kamu tentang fitur Sleep dan Hibernate ini, apakah kamu pernah menggunakannya? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar yang ada dibawah ini ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.